Bagikan

Daftar Istilah

A

  • Agitatif

    Bersifat agitasi (tentang tulisan, pidato, dsb); bersifat menghasut. Sinonim kata agitatif adalah provokatif.

  • Aksesibilitas

    Hal dapat dijadikan akses; hal dapat dikaitkan; keterkaitan.

  • Aksesible

    Kata ini merupakan serapan dari kata Bahasa Inggris “accessible”, kata sifat yang artinya yang mudah dipahami, yang mudah diperoleh, atau yang bisa dicapai.

  • Alternatif

    Arti dari alternatif adalah pilihan di antara dua atau beberapa kemungkinan.

B

  • Braille

    Huruf Braille adalah sejenis tulisan sentuh, berupa titik-titik timbul yang digunakan oleh difabel netra. Huruf ini diciptakan oleh seorang Perancis bernama Louis Braille.

C

  • COVID-19

    COVID-19 (coronavirus disease 2019) adalah penyakit yang disebabkan oleh jenis coronavirus baru yaitu Sars-CoV-2, yang dilaporkan pertama kali di Wuhan Tiongkok pada tanggal 31 Desember 2019.

  • Cyber crime

    Istilah ini berasal dari bahasa Inggris, yang artinya kejahatan di dunia maya (cyber), mengacu pada aktivitas kejahatan dengan komputer dan jaringan internet sebagai alatnya, sasaran serta tempat (ruang) terjadinya kejahatan. Contohnya adalah penipuan kartu kredit, pornografi anak, dll.

  • Cyberbullying

    Cyberbullying adalah intimidasi dunia maya atau penindasan dunia maya berupa segala bentuk kekerasan yang dialami atau dilakukan melalui dunia maya atau internet.

D

  • Daring

    Akronim dari istilah dalam jaringan yang artinya terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya. Dalam istilah bahasa Inggris adalah online.

  • Difusi

    Difusi atau pembauran adalah peristiwa mengalirnya atau berpindahnya suatu zat dalam pelarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah.

  • Digital

    Secara umum, pengertian digital adalah penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1, atau off dan on (bilangan Biner atau disebut juga dengan istilah Binary Digit). Pendapat lain menyebutkan definisi digital adalah suatu sinyal atau data yang dinyatakan dalam serangkaian angka 0 dan 1, dan umumnya diwakili oleh nilai-nilai kuantitas fisik, seperti tegangan atau polarisasi magnetik.

  • Dikonversi

    Berasal dari kata “konversi” yang artinya (1) perubahan dari satu sistem pengetahuan ke sistem yang lain; (2) perubahan pemilikan atas suatu benda, tanah, dan sebagainya; (3) perubahan dari satu bentuk (rupa, dan sebagainya) ke bentuk (rupa, dan sebagainya) yang lain. Dikonversi sendiri merupakan bentuk pasif dari kata kerja “mengkonversi”. Sinonim katanya adalah alih bentuk, metamorfosis, perubahan, transfigurasi.

  • Disabilitas dan difabel

    Disabilitas maupun difabel, keduanya adalah istilah yang digunakan untuk menggantikan istilah penyandang cacat yang sudah lebih dahulu hadir, dengan konteks yang lebih halus untuk menggambarkan kondisi seseorang yang tidak bisa menjalani aktivitas sebagaimana orang sehat dan normal.

    Disabilitas, berasal dari serapan kata berbahasa Inggris “disability” atau “disabilities” yang menggambarkan adanya ketidakmampuan atau kekurangan yang terdapat pada fisik maupun mental, sehingga menyebabkan terjadinya keterbatasan pada penyandangnya untuk melakukan suatu aktivitas.

    Difabel adalah kondisi ketika seseorang yang memiliki keterbatasan, baik fisik maupun mental mengalami kesulitan untuk melakukan peran tertentu.

    Istilah difabel terdengar lebih halus dan sopan untuk menyebut kondisi ini, karena menempatkan penyandang disabilitas sebagai orang lain yang memiliki kemampuan yang sama, hanya saja cara yang ditunjukkannya berbeda. Sementara disabilitas menggambarkan orang yang tidak mampu melakukan suatu aktivitas karena keterbatasan yang ia punya.

  • Disfungsi

    Pengertian disfungsi adalah perihal yang tidak berfungsi secara normal atau terganggu fungsinya.

E

  • Echo chamber

    Echo chamber atau ruang gema adalah suatu deskripsi kiasan dari sebuah keadaan di mana keyakinan diyakini atau disebarkan oleh komunitas dan diulang-ulang dalam sebuah sistem tertutup.

F

  • Fairliness

    Fairliness adalah suatu elemen untuk menilai objektivitas berita, berupa kata benda yang memiliki arti kejujuran, keadilan, serta kewajaran.

G

H

  • Habit

    Merupakan kata serapan dari Bahasa Inggris “habit” yang artinya adalah kebiasaan. Habit adalah segala sesuatu yang kita lakukan secara otomatis, bahkan bisa dilakukan tanpa berpikir. Dipahami pula sebagai suatu aktivitas yang dilakukan terus menerus sehingga menjadi bagian dari kita yang sering kita sebut sebagai kebiasaan.

  • Hardware

    Hardware atau perangkat keras (Bahasa Indonesia) mengandung arti segala piranti atau komponen dari sebuah komputer yang sifatnya bisa dilihat secara kasat mata dan bisa diraba secara langsung.

  • Hoax

    Hoax merupakan informasi bohong atau palsu; informasi yang tidak benar tetapi dibuat seolah-olah benar. Hoax juga merupakan rangkaian informasi yang memang sengaja disesatkan, tetapi “dijual” sebagai kebenaran.

I

  • Imparsialitas

    Mengandung arti ketidakberpihakan, kenetralan, tanpa bias, tanpa prasangka dalam memeriksa, mengadili, dan menilai suatu hal.

  • Infodemi

    Infodemi adalah situasi dengan persebaran informasi yang terus menerus. Bukan hanya banyaknya hoax yang beredar, tetapi juga gempuran informasi terus menerus dan berlebihan ini yang tidak sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat.

  • Inovasi

    Inovasi merupakan proses dan / atau hasil pengembangan pemanfaatan suatu produk / sumber daya yang sudah ada sebelumnya, sehingga memiliki nilai yang lebih bermakna. Inovasi juga dimaknai sebagai pembaruan berbagai sumber daya sehingga sumber daya ini memiliki manfaat lebih bagi manusia. Sinonim dari kata inovasi adalah kebaruan atau terobosan.

  • Internet

    Internet merupakan akronim dari istilah asing “interconnected network” yang artinya adalah dalam sistem jaringan komputer yang saling terhubung secara global dengan menggunakan paket protokol internet (TCP/IP) untuk menghubungkan perangkat komputer di seluruh dunia.

J

K

  • Karantina

    Karantina adalah tempat penampungan yang lokasinya terpencil guna mencegah terjadinya penularan penyakit dan sebagainya. Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan nomor hk.01.07/menkes/413/2020, karantina adalah proses mengurangi risiko penularan dan identifikasi dini COVID-19 melalui upaya memisahkan individu yang sehat atau belum memiliki gejala COVID-19 tetapi memiliki riwayat kontak dengan pasien konfirmasi COVID-19 atau memiliki riwayat bepergian ke wilayah yang sudah terjadi transmisi lokal.

  • Kolaborasi

    Sinonimnya adalah kerjasama, kooperasi, atau persekutuan. Kolaborasi memiliki arti sebagai tindakan bekerja sama dengan orang atau pihak lain untuk sesuatu pekerjaan. Kolaborasi juga diartikan sebagai buah karya hasil kerja bersama dengan orang atau pihak lain.

  • Komputer

    Komputer didefinisikan sebagai seperangkat alat elektronik yang menghubungkan komponen satu dengan yang lainnya sehingga menghasilkan informasi yang sebelumnya telah diolah terlebih dahulu. Ada tiga komponen utama komputer yaitu (1) Hardware atau perangkat keras, (2) Software atau perangkat lunak (sistem operasi), serta (3) Brainware atau penggunanya.

  • Konten

    Berupa kata benda yang artinya adalah segala informasi yang tersedia melalui media (baik media digital, cetak, maupun siaran) atau produk elektronik. Contohnya, konten info mitigasi bencana gunung berapi.

  • Krusial

    Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata krusial adalah penting atau esensial untuk memecahkan masalah.

L

  • Literasi

    Literasi adalah istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung, dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Lockdown

    Lockdown adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan suatu upaya pengendalian penyebaran infeksi yang mengharuskan sebuah wilayah menutup akses masuk maupun keluar sepenuhnya.

  • Luring

    Menurut KBBI Kemendikbud, “luring” adalah akronim dari luar jaring(an) yang artinya terputus dari jejaring komputer. Dalam istilah bahasa Inggrisnya adalah offline.

M

  • Madani

    Kata “madani” (dalam Bahasa Inggris adalah civil society) dapat diartikan sebagai suatu masyarakat yang beradab dalam membangun, menjalani, dan memaknai kehidupannya. Kata “madani” sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya civil atau civilized (beradab). Maka, masyarakat madani berarti masyarakat yang berperadaban.

  • Marketplace

    Marketplace adalah situs perantara antara penjual dan pembeli di dunia maya. Situs marketplace bertindak sebagai pihak ketiga dalam transaksi daring dengan menyediakan tempat berjualan dan fasilitas pembayaran. Bisa dikatakan marketplace adalah department store online atau pasar virtual.

  • Mendiskreditkan

    Mengandung arti menjelekkan atau memperlemah kewibawaan seseorang atau pihak tertentu. Sinonim dari kata “mendiskreditkan” adalah memojokkan, mencemari, mencoreng.

  • Mitigasi

    Mitigasi adalah tindakan-tindakan untuk mengurangi atau meminimalkan dampak dari suatu bencana terhadap masyarakat.

  • Modus

    Modus memiliki beberapa pengertian, yaitu (1) sebagai suatu cara; (2) Bentuk kata kerja yang mengungkapkan suasana kejiwaan yang berhubungan dengan perbuatan; (3) Nilai yang paling besar frekuensinya dalam suatu data yang disajikan frekuensinya; (4) Angka statistika yang paling sering muncul dalam populasi yang diambil data sampelnya. Dalam percakapan keseharian, modus dipahami sebagai cara-cara yang dilakukan untuk mendapatkan perhatian pada orang lain.

N

O

P

  • Pandemi

    WHO mendefinisikan istilah ini sebagai wabah patogen baru yang menyebar dengan mudah dari orang ke orang di seluruh dunia. Pandemi adalah ketika ia menyebar di beberapa negara atau benua dan biasanya memengaruhi orang dalam jumlah besar. Penyebarannya secara global.

  • Penyintas

    Penyintas (nomina atau kata benda) berasal dari kata dasar “sintas” yang artinya adalah orang yang mampu bertahan hidup. Sedangkan kata sintas yang merupakan kata sifat artinya adalah terus bertahan hidup, mampu mempertahankan keberadaannya. Contohnya: penyintas gempa bumi, penyintas tanah longsor.

  • Perundungan

    Perundungan berasal dari kata “rundung”, bentuk kata kerjanya adalah merundung yang artinya adalah menyakiti orang lain baik secara fisik maupun psikis, dalam bentuk kekerasan verbal, sosial atau fisik berulang kali dan dari waktu ke waktu. Perundungan merupakan bentuk tindakan merundung, contohnya memanggil seseorang dengan nama yang tidak disukainya atau berkomentar kasar di akun media sosialnya

  • Platform

    Istilah “platform” dalam teknologi informatika adalah sebuah program yang digunakan untuk mengeksekusi rencana kerja, di mana platform difungsikan sebagai wadah utama atau dasar untuk menjalankan sistem yang akan digunakan. Contoh platform pelaporan bencana yaitu Petabencana.id

  • Politisasi

    Memiliki pengertian mengenai hal yang membuat keadaan (perbuatan, gagasan, dan sebagainya) menjadi bersifat politis, misalnya, politisasi agama.

  • Prediktor

    Merupakan serapan dari kata Bahasa Inggris “predictor”. Istilah ini ditemui dalam berbagai bidang, salah satunya adalah bidang penelitian, yang disebut juga sebagai variabel bebas, variabel penjelas atau regresi. Pengertian dari predictor di sini adalah variabel yang digunakan untuk memprediksi nilai variabel terikat.

  • Protokol kesehatan

    Protokol kesehatan adalah aturan dan ketentuan yang perlu diikuti oleh segala pihak agar dapat beraktivitas secara aman pada saat pandemi COVID-19 ini. Protokol kesehatan dibentuk dengan tujuan agar masyarakat tetap dapat beraktivitas secara aman dan tidak membahayakan keamanan atau kesehatan orang lain.

Q

R

  • Rekonstruksi

    Berupa kata benda yang artinya adalah pengembalian seperti semula, penyusunan atau penggambaran kembali. Kata kerja merekonstruksi artinya adalah melakukan rekonstruksi.

  • Relasi kuasa

    Menurut konsep pemikiran Michel Foucault, seorang filsuf Perancis yang berpengaruh, relasi kuasa bermaksud menjelaskan bahwa kekuasaan merupakan satu dimensi dari relasi. Di mana ada relasi, di sana ada kekuasaan dan kekuasaan selalu teraktualisasi lewat pengetahuan, karena pengetahuan selalu punya efek kuasa.

  • Responden

    Merupakan kata benda yang artinya adalah penjawab atas pertanyaan yang diajukan oleh pihak lain untuk kepentingan penelitian.

S

  • Seluler

    Sebagai kata sifat, seluler artinya (1) berbentuk sel; (2) dibagi dalam sel-sel atau bilik-bilik. Pengertian lainnya adalah sistem telepon yang memecah suatu wilayah menjadi subwilayah kecil dengan saluran yang dapat dipakai secara bersamaan oleh beberapa pengguna sekaligus.

  • Sharenting

    Istilah ini merupakan gabungan dari kata “sharing” dan “parenting”. Keduanya dari Bahasa Inggris share yang artinya berbagi dan parenting yang artinya adalah hal mengenai atau cara mengasuh anak. Sebagai istilah yang masih baru, sharenting merupakan tren berbagi konten (foto anak, informasi parenting) di media sosial. Sharenting yang dilakukan oleh orang tua anak kini seringkali mengabaikan hak privasi dan keamanan anak.

  • Signifikan

    Signifikan adalah sesuatu/ seseorang yang dianggap penting atau berarti karena dapat memberikan pengaruh atau dampak, dan tidak bisa lepas dari suatu persoalan. Arti signifikan juga dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang benar-benar berbeda atau nyata

  • Smartphone

    Sebutan lain telepon pintar, merupakan telepon genggam yang mempunyai kemampuan dengan penggunaan dan fungsi yang menyerupai komputer. Telepon pintar dilengkapi dengan kemampuan untuk mengakses layanan data dan terhubung dengan internet.

  • Software

    Istilah dalam Bahasa Indonesianya adalah perangkat lunak, yaitu suatu bagian dari sistem komputer yang tidak memiliki wujud fisik dan tidak terlihat karena merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer berupa program yang dapat menjalankan suatu perintah.

  • Stakeholder

    Bahasa Indonesia dari “stakeholder” adalah pemangku kepentingan. Pengertian dari pemangku kepentingan adalah semua pihak di dalam masyarakat, baik itu individu, komunitas atau kelompok masyarakat, yang memiliki hubungan dan kepentingan terhadap sebuah organisasi/ perusahaan serta isu/ permasalahan yang sedang dimunculkan.

T

  • Tag

    Ada beberapa pengertian tentang “tag” dan fungsinya baik sebagai kata kerja maupun kata benda. Dalam wilayah HTML, “tag” (kata benda) dimaksudkan sebagai sebuah penanda awalan dan akhiran dari sebuah elemen di HTML, contohnya <body>, <head>. Dalam wilayah media sosial, kata “tag” (kata kerja) memiliki arti menandai, membubuhkan, menyebutkan, memberi label pada pihak lain atas suatu konten atau informasi.

  • Teknologi Asistif

    Teknologi Asistif (Bantu) adalah teknologi yang diciptakan dan dikembangkan dalam rangka membantu orang dengan disabilitas untuk dapat melakukan aktivitasnya sehari-hari secara mandiri tanpa terus bergantung pada orang lain, tidak terkecuali pada bagi penyandang cerebral palsy.

  • Transmisi

    Ada beberapa pengertian dari kata “transmisi”, yaitu (1) pengiriman (penerusan) pesan dan sebagainya dari seseorang kepada orang (benda) lain; (2) penularan, penyebaran, penjangkitan penyakit; (3) bagian kendaraan bermotor yang memindahkan atau meneruskan tenaga dari mesin ke as belakang; persneling.

U

V

  • Virtual

    Istilah “virtual” di sini dapat diartikan sebagai aktivitas yang dilakukan mirip dengan versi aslinya (bahkan pengalaman pengguna) yang dalam prakteknya biasanya dibantu dengan sebuah teknologi seperti internet dan komputer. Menurut Tesaurus Bahasa Indonesia, sinonim virtual adalah maya.

  • Visual

    Kata visual mengandung arti perihal yang dapat dilihat melalui indera penglihatan (mata). Kata kerja memvisualisasikan artinya tindakan menjadikan suatu konsep atau gagasan dapat dilihat/ ditangkap dengan indera penglihatan.

W

X

Y

Z