Bagikan

Tular Nalar, Bukan Sekadar Paham

Sebaran hoaks di Indonesia merupakan masalah serius. Tular Nalar berkomitmen menghadirkan materi pembelajaran seru untuk melatih kemampuan berpikir kritis yang dapat diakses oleh semua orang. Sebar yang benar, bersama Tular Nalar!

 

Perkembangan teknologi di era digital mendorong akses dan penyebaran informasi menjadi tanpa batas sekaligus tidak terkontrol. Akibatnya, banyak dari kita yang tanpa sengaja menyebarkan berita bohong, misinformasi, dan ujaran kebencian karena minimnya kemampuan untuk memeriksa sumber berita dan kesadaran untuk selalu mempertanyakan berita yang kita terima.

Tular Nalar diciptakan untuk membantu meredam laju infodemik yang ramai beredar.

Tular Nalar diciptakan untuk membantu meredam laju infodemik yang ramai beredar. Hadir dalam bentuk portal pembelajaran online, Tular Nalar dilengkapi dengan berbagai materi mengenai cara berpikir kritis yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Materi pembelajaran yang menampilkan keseharian ini mencakup berbagai topik, mulai dari memahami etika membagikan pesan di media sosial, cara menghadapi hoax tentang COVID-19, hingga mampu menyikapi isu-isu yang berpotensi menyemai perpecahan bernuansa SARA. Tular Nalar tentunya bisa diakses oleh siapa pun: pelajar, mahasiswa, guru, dosen, bahkan masyarakat umum.

Melalui materi pembelajaran online dari para ahli literasi media dan digital, kita akan sama-sama mencari tahu kebenaran sebuah berita, tanggap dalam melihat kebenaran, dan tangguh melawan hoax, sehingga akhirnya dapat ikut menyebarkan kebenaran tersebut.

Belajar Bareng Mitra Tular Nalar

MAFINDO

Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) adalah organisasi masyarakat sipil anti-hoax yang telah memelopori banyak inisiatif untuk melawan infodemic atau wabah hoax. Visi dan misinya adalah menciptakan masyarakat yang tercerahkan dan kebal terhadap berbagai tipuan dan ujaran kebencian. Saat ini Mafindo memiliki lebih dari 85.000 anggota online dan 17 cabang di berbagai penjuru Indonesia.

Selengkapnya tentang Mafindo →

MAARIF Institute

MAARIF Institute berkomitmen sebagai gerakan budaya dalam berbagai konteks Islam, kemanusiaan, dan kewarganegaraan. Sebagai lembaga swadaya masyarakat terkemuka dan wadah pemikir untuk isu-isu pluralisme, toleransi, dan melawan ekstremisme kekerasan di Indonesia, MAARIF Institute banyak terlibat di dalam ruang lingkup pekerjaan penelitian dan intervensi sosial.

Selengkapnya tentang MAARIF Institute →

Love Frankie

Love Frankie merupakan agensi perubahan sosial yang berfokus pada penelitian dan komunikasi, serta bertujuan menyatukan tim pembuat perubahan yang kreatif dan penuh semangat. Misinya adalah mendukung, memberdayakan, dan meningkatkan kualitas berbagai komunitas yang berjuang bersama demi dunia yang lebih adil, setara, dan berempati. Love Frankie menggabungkan pemikiran kreatif yang unik dengan wawasan lokal yang mendalam untuk menciptakan inisiatif yang relevan secara budaya dan fokus menciptakan dampak nyata.

Selengkapnya tentang Love Frankie →

Mitra Strategis:

Didukung oleh: