Klik tab di bawah untuk memilih modul dengan materi kurikulum khusus bagi Pemilih Pemula dan Lansia, atau berbagai modul umum Tular Nalar lainnya.
Materi kurikulum yang dirancang di dalam modul ini bertujuan mengembangkan keterampilan pengindraan hoaks bagi pemilih pemula di Indonesia. Harapannya, para siswa tak hanya mampu memahami dan memiliki kemampuan menangkal misinformasi Pemilu, namun juga mampu membagikan pemahaman dan kemampuan ini ke lingkungan sekitarnya dan turut menciptakan iklim demokrasi yang sehat.
Memahami cara berpikir kritis sebagai pemilih pemula untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2024, mampu memeriksa fakta dan menavigasi berbagai tantangan digital, serta berkomitmen untuk menjadi pemilih cerdas.
Materi kurikulum yang dirancang di dalam modul ini bertujuan membekali kaum lansia dalam menavigasi informasi dengan berpikir kritis dan bijak di ruang digital. Harapannya, upaya ini dapat menjembatani kesenjangan dan tantangan yang kerap dihadapi generasi lansia dalam memanfaatkan teknologi.
Melatih ketangguhan lansia dalam menjaga akses aman dan pintar melalui gawai yang kini telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-harinya untuk berkomunikasi dengan keluarga maupun orang terdekat. Ini termasuk perlindungan data diri dari aneka kejahatan siber dan akses cepat dalam keadaan darurat.
Lansia bijak menggunakan aplikasi percakapan untuk tetap terhubung dan berkomunikasi secara interaktif di jaringan internet. Selain mampu mengantisipasi serangan modus kejahatan di aplikasi kejahatan, lansia dapat berpikir kritis memilah fakta dan menciptakan ruang aman di aplikasi chat.
Lansia juga bisa berdaya melalui UMKM digital yang berisi aktivitas promosi serta pemasaran produk dan jasa melalui platform digital. Selain berjualan, lansia dapat memahami ragam situs dan aplikasi belanja online serta menggunakan media sosial dan aplikasi untuk belanja online dengan benar tanpa terjebak penipuan berkedok jual-beli online.
Lansia cerdas memilih konten hiburan digital dengan mengetahui fitur-fitur yang disediakan Youtube untuk menjaga keamanan dan kenyamanan penggunanya. Melalui pengetahuan tersebut, lansia diharapkan mampu melakukan tindakan pencegahan terhadap konten-konten riskan di Youtube.
Mampu membuat konten literasi yang ramah bagi tunanetra dengan saling bekerja sama dan bertukar pikiran.
Unduh SemuaMeningkatkan kemampuan mengevaluasi konten digital dalam jejaring komunitas peduli bencana, lembaga resmi pemerintah, dan stakeholder terkait penanganan bencana dalam berbagai platform.
Unduh SemuaMengakses, mengelola, dan berbagi konten yang berhubungan dengan intoleransi dan diskriminasi serta isu keberagaman, juga memahami regulasi dan kode etik dalam memproses informasi yang bersifat sensitif tersebut.
Unduh SemuaBerpartisipasi aktif dalam menggunakan layanan publik digital sekaligus mampu berjejaring dengan pihak lain untuk membangun lingkungan digital yang ramah anak.
Unduh SemuaMengeksplorasi media digital agar dapat berpartisipasi secara aktif dalam interaksi masyarakat digital sekaligus mengasah keterampilan analisis dan berpikir kritis mengenai pertukaran wacana di platform digital.
Unduh SemuaMengasah kreativitas untuk mendesain pesan dengan menggunakan teknologi digital agar mampu menjadi mediator agen edukasi kesadaran kesehatan publik melalui sarana teknologi yang tepat.
Unduh SemuaManfaatkan beragam platform digital untuk mendapatkan informasi, data, dan konten sebagai sumber materi yang mendukung proses belajar berbasis media digital.
Unduh SemuaMulai dari menjelajahi media digital untuk mencari informasi, mampu memahami pesan serta berbagai perlindungan privasi dan data pribadi, hingga berkolaborasi dengan orang lain melalui teknologi digital.
Unduh Semua